Organisasi selayaknya selalu mengantisipasi
kebutuhan untuk memperbarui proses bisnis dan informasinya di dalam era
lingkungan bisnis yang dinamis ini. Perubahan dalam arti yang luas merupakan suatu
respon yang terencana maupun yang tak terencana untuk menghadapi berbagai macam
tekanan dan kekuatan. Kebutuhan untuk berubah saat ini telah menjadi suatu
titik keseimbangan atau suatu norma. Ini adalah tantangan bagi tim manajemen
perubahan.
Mengelola perubahan tidak bisa disepelekan dan harus
dipertimbangkan ketika mendefinisikan, mengembangkan, melaksanakan, dan
mengevaluasi cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Manajemen Perubahan adalah
sebuah proses yang panjang dan membosankan. Meskipun banyak perubahan dapat
direncanakan dan diantisipasi, seringkali perubahan juga membawa akibat dan
implikasi yang tak terantisipasi, dan bahkan yang tidak diinginkan. Perubahan
sistem politik, ekonomi, teknologi, dan preferensi masyarakat selama 10 tahun
terakhir telah memberikan banyak bukti kepada dunia kita yang dinamis ini.
Sebagai penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov pernah menjelaskan:
Lebih mudah untuk memprediksikan mobil daripada
kemacetan lalu lintas, bom atom daripada kebuntuan nuklir, pil pengontrol kelahiran
daripada kemerdekaan perempuan. Dengan kata lain, perjalanan kemajuan teknologi
adalah sesuatu yang tak dapat ditawar, dan sampai batas tertentu, masih bisa
diprediksikan. Tapi konsekuensi yang dihasilkan organisasi korporasi dan
manajerial perusahaan adalah sesuatu yang jauh lebih sulit untuk dibayangkan.
Beberapa individu atau organisasi bertahan dan
melanjutkan perubahan hingga orang-orang yang terlibat dengan perubahan pada
akhirnya menunjukan resistensinya. Masalah dengan sikap yang reaktif ini adalah
bahwa pada saat reaksi negatif ditunjukkan, biasanya sudah terlambat untuk
melakukan sesuatu berkaitan dengan penolakan itu. Mereka yang mengembangkan dan
mengimplementasikan solusi bisnis yang inovatif harus memahami dampak dari
perubahan terhadap perilaku manusia dan prinsip-prinsip untuk mengelola
perubahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar