Pengertian
Kelompok
Komunikasi kelompok
adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam suatu kelompok
“kecil” seperti dalam rapat, pertemuan, konperensi dan sebagainya (Anwar
Arifin, 1984). Michael Burgoon (dalam Wiryanto, 2005) mendefinisikan komunikasi
kelompok sebagai interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih,
dengan tujuan yang telah diketahui, seperti berbagi informasi, menjaga diri,
pemecahan masalah, yang mana anggota-anggotanya dapat mengingat karakteristik
pribadi anggota-anggota yang lain secara tepat. Kedua definisi komunikasi
kelompok di atas mempunyai kesamaan, yakni adanya komunikasi tatap muka, dan
memiliki susunan rencana kerja tertentu umtuk mencapai tujuan kelompok.
Menurut ADLER
& RODMAN, Kelompok adalah sekumpulan kecil orang yg saling
berinteraksi, biasanya tatap muka dlm waktu yg lama guna mencapai tujuan
tertentu. Ada 4 elemen kelompok yaitu: interaksi, waktu, ukuran,
tujuan.
Karakteristik
Kelompok
Karakteristik Kelompok
(Sorsyth, 1979), yaitu:
1. Interaksi → Fisik,
verbal, nonverbal, emosional
2. Struktur → Pola
hubungan yang stabil diantara anggota
·
Role yang telah diharapkan dan seseorang
yang telah menduduki
·
Norma : Aturan yang mengidentifikasi
atau mendeskripsikan perilaku yang tepat
·
Relasi antar anggota
3. Tujuan
A.
Intrinsik
B.
Ekstrinsik (tujuan bersama):
o
Faktor pemersatu paling kuat (ex: olah
raga)
o
Memotivasi perilaku tertentu sehingga
tujuan tercapai
4. Groupness →
entitavity (kesatuan) :
Tingkat dimana kesatuan
kekuatan tunggal menyatu
5. Ketergantungan
Dinamis
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI KEEFEKTIFAN KELOMPOK
Anggota-anggota
kelompok bekerja sama untuk mencapai dua tujuan:
a.
melaksanakan tugas kelompok
b. memelihara
moral anggota-anggotanya.
Tujuan pertama diukur
dari hasil kerja kelompok-disebut prestasi (performance) tujuan kedua diketahui
dari tingkat kepuasan (satisfacation). Jadi, bila kelompok dimaksudkan untuk
saling berbagi informasi (misalnya kelompok belajar), maka keefektifannya dapat
dilihat dari beberapa banyak informasi yang diperoleh anggota kelompok dan
sejauh mana anggota dapat memuaskan kebutuhannya dalam kegiatan kelompok.
Untuk itu faktor-faktor
keefektifan kelompok dapat dilacak pada karakteristik kelompok, yaitu:
¨
ukuran kelompok.
¨
jaringan komunikasi.
¨
kohesi kelompok.
¨
kepemimpinan (Jalaluddin Rakhmat, 1994).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar