Komunikasi
efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude
change) pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi.
Tujuan dari Komunikasi Efektif sebenarnya adalah memberi kan kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi informasi dan penerima informasi sehingga bahasa yang digunakan oleh pemberi informsi lebih jelas dan lengkap, serta dapat dimengerti dan dipahami dengan baik oleh penerima informasi, atau komunikan. tujuan lain dari Komunikasi Efektif adalah agar pengiriman informasi dan umpan balik atau feed back dapat seinbang sehingga tidak terjadi monoton. Selain itu komunikasi efektif dapat melatih penggunaan bahasa nonverbal secara baik.
Menurut Mc. Crosky Larson dan Knapp mengatakan bahwa komunikasi yang efektif dapat dicapai dengan mengusahakan ketepatan (accuracy) yang paling tinggi derajatnya antara komunikator dan komunikan dalam setiap komunikasi. Komunikasi yang lebih efektif terjadi apabila komunikator dan komunikan terdapat persamaan dalam pengertian, sikap dan bahasa.
Tujuan dari Komunikasi Efektif sebenarnya adalah memberi kan kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi informasi dan penerima informasi sehingga bahasa yang digunakan oleh pemberi informsi lebih jelas dan lengkap, serta dapat dimengerti dan dipahami dengan baik oleh penerima informasi, atau komunikan. tujuan lain dari Komunikasi Efektif adalah agar pengiriman informasi dan umpan balik atau feed back dapat seinbang sehingga tidak terjadi monoton. Selain itu komunikasi efektif dapat melatih penggunaan bahasa nonverbal secara baik.
Menurut Mc. Crosky Larson dan Knapp mengatakan bahwa komunikasi yang efektif dapat dicapai dengan mengusahakan ketepatan (accuracy) yang paling tinggi derajatnya antara komunikator dan komunikan dalam setiap komunikasi. Komunikasi yang lebih efektif terjadi apabila komunikator dan komunikan terdapat persamaan dalam pengertian, sikap dan bahasa.
Komunikasi dapat
dikatakan efektif apa bila komunikasi yang dilakukan dimana :
1. Pesan dapat diterima dan dimengerti serta
dipahami sebagaimana yang dimaksud oleh pengirimnya.
2. Pesan
yang disampaikan oleh pengirim dapat disetujui oleh penerima dan
ditindaklanjuti dengan perbuatan yang diminati oleh pengirim.
3. Tidak
ada hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk
menindaklanjuti pesan yang dikirim.
5 (Lima) Hukum Komunikasi
Efektif (The 5 Inevitable Laws of
Effective Communication) yang disingkat dengan REACH yang berarti :
Merengkuh atau Meraih.
¨ HUKUM
1 : R (RESPECT)Adalah sikap menghargai setiap individu yang menjadi sasaran
pesan yang kita sampaikan. Pahami bahwa kita harus mampumenghargai setiap orang
yang kita hadapi. Ingatlah bahwa padaprinsipnya manusia ingin dihargai dan
dianggap penting.
¨ HUKUM
2 : E (EMPATY)Adalah kemampuan kita untuk menempatkan diri kita pada situasi
atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain. Salah satu prasyaratnya adalah
kemauan kita untuk mendengar atau mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti.
¨ HUKUM
3 : A (AUDIBLE)Adalah kemampuan untuk memanfaatkan media untuk memperlancar
komunikasi agar lebih efektif dan efisien.
¨ HUKUM
4 : C (CLARITY) Adalah sikap keterbukaan dan transparansi. Tak perlu ada yang
ditutup-tutupi atau disembunyikan,sehingga mampu menimbulkan rasa percaya
(trust).
¨ HUKUM
5 : H (HUMBLE)Adalah sikap rendah hati, -bukan rendah diri lho ya…- Sikap ini
diperlukan untuk membangun rasa menghargai orang lain.
Teknik-teknik
berkomunikasi secara efektif, misalnya :
Ø Ucapan
jelas dan idenya tidak ada makna ganda (ambigu), pikirkan apa yang akan akan
dibicarakan.
Ø Berbicara
dengan tegas, tidak berbelit- belit
Ø Pelajari
betul dengan siapa kita sedang berbicara (status sosial, ekonomi, umur,
pendidikan, ideologi, dll)
Ø Hadapkan
wajah dan badan, pahami pikiran mitra bicara
Beberapa
ciri seorang Komunikator yang Baik, yakni :
a.
Menyampaikan sesuatu dengan bahasa yang
dapat dipahami mitra bicara (Qaulan Ma’rifan)
b.
Hindari kata-kata yang menyakiti (Qaulan
Sadidan)
c.
Untuk mempengaruhi orang lain,
berbicaralah dengan perkataan yang santun (Qaulan Layinan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar