Senin, 31 Oktober 2011

Individu, Keluarga dan Masyarakat

MASYARAKAT

Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan. Sedangkan pengertian penduduk ialah sekelompok orang atau individu yang tinggal di kota maupun yang di desa dalam suatu negara. Dan kebudayaan adalah semua hasil dari  karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, yang diperlukan manusia untuk menguasa alam sekitarnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan untuk kepntingan masyarakat (selo sumardjan).

Masyarakat, penduduk dan kebudayaan adalah 3 hal penting yang tidak akan bisa dipisahkan peranannya dalam kehidupan bermasyarakat. Masyarakat memiliki peran penting dalam berkembangnya kebudayaan di sekitar kita.Begitu juga penduduk, tanpa adanya masyarakat dan kebudayaan maka kehidupan para penduduk di suatu wilayah akan monoton. Sebagau contoh, tanpa adanya masyarakat kebudayaan tidak akan bisa dilestarikan. Bayangkan apabila di suatu wilayah terdapat masyarakat yang kaya akan kebudayaan, namun diantara mereka tidak satupun memiliki kesadaran untuk melestarikan kebudayaan tersebut, maka budaya itu akan hilang begitu saja. 

Bangsa indonesia dikenal dengan keramahannya. Keramahan suatu bangsa tegantung pada pola pikir masyarakat yang hidup didalamnya. Pola pikir dan struktur masyarakat membentuk keramahan yang alami.

Tatanan masyarakat

Sebuah kelompok dikatakan sebagai masyarakat apabila kelompok tersebut hidup bersama dalam suatu hubungan yang memiliki suatu aturan atau sistem yang mengatur kehidupan kelompok tersebut.

Pendapat seperti ini dikuatkan oleh kecenderungan manusia modern sekarang yang cenderung hidup bersama dengan kelompok yang memiliki pola hidup yang sama, pemikiran , perasaan serta minat yang sama. Maka kelompok tersebut disebut dengan kelompok masyarakat.

Adapun kelompok masyarakat yang demikian biasanya memiliki sistem atau aturan yang sengaja dibuat untuk mengatur keharmonisan hidup bermasyarakat. Biasanya kondisi seperti ini dinamakan tatanan masyarakat.

Tatanan masyarakat diatur mulai dari struktur terendah hingga pada struktur tinggi dan tertinggi.

Contoh : dikalangan masyarakat yang paling rapat hubungannya dibentuklah tatanan masyarakat sebagai suatu kerukunan warga dan kerukunan bertangga, atau biasa disebut RT dan RW.

ATURAN MASYARAKAT

Apabila diperlukan dan tatana masyarakat tersebut semakin luas , namun masih dalam satu pola pemikiran, kecendrungan, perasaan dan minat yang sama. Maka dibentuklah tatanan masyarakat yang lebih meluas, misalnya dusun, kelurahan, desa, dan begitu seterusnya.

Dalam setiap tatanan masyarakat akan selalu membutuhkan suatu aturan yang berbeda dalam penerapannya. Tergantung pada kebutuhan golongan masyarakat tersebut. Dan biasanya aturan tersebut dibuat sebagai sebuah peraturan dengan mengambil dan menjunjung kepentingan bersama yang dirumuskan dalam satu peraturan bersama.
Peraturan tersebut kemudian didistribusikan ke masyarakat lengkap dengan konsekuensinya.


Kelompok Masyarakat

Berdasarkan ilmu sosiologi, para ahli ilmu sosial membagi kelompok masyarakat ke dalam beberapa kelompok umum. Sebagai berikut : 
  1. Kelompok masyarakat pemburu
  2. Kelompok masyarakat bercocok tanam
  3.Kelompok masyarakat industri
  4. Kelompok masyarakat pasca industri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar